Kitab Untuk Belajar Hadits

Oleh: Bpk. Yudi N. Ihsan

Bagi yang berminat untuk mempelajari hadits, maka kitab-kitab di bawah ini sangat membantu.

1. Kitab Al-Mu’jam al mufakhros lialfadil hadits nabawi, yang disusun oleh Arnold John Weinsinck.

Arnold John Weinsinck (w. 1939), penyusun kitab ini adalah Guru Besar Bahasa Arab di Universitas Leiden, dalam penulisan kitabnya dibantu oleh Muhammad Fuad ‘Abd al Baqi. Diterbitkan oleh Penerbit Brill Leiden Belanda dengan biaya dan bantuan Masyarakat Ilmiah Inggris, Denmark, Swedia, Belanda, Unesco, PBB, Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Riset Belanda. Dicetak dalam 7 jilid besar/tebal. Jilid pertama dicetak pada tahun 1936 sedangkan jilid terakhir pada tahun 1969 (33 tahun). Kata kata (isim/fi-il) yang dicantumkan hanya bagian hadits. Imam imam Muhaddits yang meriwayatkan dicantumkan di bawah potongan hadits dengan menggunakan rumus rumus tertentu.

Dengan menggunakan kitab ini, maka memungkinkan pencarian hadits dengan mencari kata kata yang mana saja dari bagian matan hadits. Cara menggunakan kitab ini seperti menggunakan kitab kamus bahasa pada umumnya. Hanya saja dalam mu’jam tidak dimuat kalimat harf atau yang sejenisnya, isim alam atau kata kerja yang sering dijumpai. Cara penggunaan kitab ini juga mirip dengan kitab Mu’jam Al-Mufkahros lialfadil Qur’an yang dimiliki ustadz Pujianto.

Kitab ini memuat kata kata yang terdapat dalam 9 sumber kitab hadits yaitu al Kutub al Sittah (Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan al-Turmudzi, Sunan al Nasa’i dan Sunan Ibn Majah) ditambah Muwatha Malik, Musnad Ahmad ibn Hanbal, dan Sunan al Darimi.

2. Disamping 9 kitab hadits tersebut, masih ada kitab-kitab hadits lainnya diantaranya yang dikenal dengan nama kitab-kitab Musnad.

Kitab Musnad adalah kitab hadits yang disusun berdasarkan sistematika nama-nama shahabat, tidak terkait dengan masalah atau topik hadits. Menurut AI Katani dalam al Risalah al Mustathrafah, menyebutkan terdapat lebih dari 280 kitab musnad.

Penyusunan nama-nama shahabat tersebut berdasarkan beberapa macam: ada yang diurut secara alfabetis, ada yang disusun berdasarkan senioritas, nama qabilah, atau berdasarkan nama negeri dan sebagainya.

Beberapa kitab musnad yang termasyhur, antara lain:
• Musnad Ahmad, karya: Ahmad ibn Hanbal (w. 241 H.)
• Musnad al Humaydi, karya: Abu Bakr ‘Abd Allah ibn Zubair al Humaydi (w. 219 H.)
• Mumad Abu Dawud al Thayalisi, karya: Sulaiman ibn Dawud al Thayalisi (w. 204 H.)
• Musnad Asad ibn Musa al Amawi (w. 212 H.)
• Musnad Musarhad ibn al Asadi ibn al Bashri (w. 228 H.)
• Musnad Nu`aym ibn Hammad
• Musnad ‘Ubaid Allah ibn Musa al ‘Abasi
• Msnad Abu Khaytsimah Zuhayr ibn Harb
• Musnad Abu Ya`la, karya: Ahmad ibn’Ali al Mawshuli (w. 308 H.)
• Musnad ‘Abd ibn Humayd (W. 249 H).

Musnad Ahmad Ibn Hanbal termasuk dalam kategori kitab besar, berisikan sekitar 40.000 hadits, disusun berdasarkan nama shahabat sesuai dengan tingkat keutaman, tempat tinggal dan qabilahnya. Terdiri dari 904 orang shahabat, dari yang meriwayatkan ratusan hadits seperti Abu Huraerah sampai yang hanya satu hadits. Dimulai dengan 10 orang shahabat yang dijamin masuk syurga (al-`Asyrah al-Mubasyirin bi al-Jannah), seperti Abu Bakr, Umar, Usman, Ali, kemudian hadits hadits ‘Abd al Rahman ibn Abi bakr, Ahl al Bayt, dan berakhir dengan shahabat yang bernama Syidad ibn al Hadi.
Untuk mengetahui isi hadits dalam kitab ini dan memudahkan pencarian dan penggunaannya harus melihat Fihris (daftar isi) setiap juz. Dalam terbitan Dar al Shadir Beirut dibuat fihris berdasarkan alfabetis nama shahabat, sehinga lebih mudah. Kitab ini dicetak 6 jilid bersama kitab Muntakhab Kanz al ‘Umal fi Sunan al Aqwal wa al Af`al karya ‘Ali ibn Hisam al Din (al Muttaqi).

Selamat mencoba

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: